Layaknya Negara Berkembang Indonesia sudah semakin berbenah  Membangun proyek-proyek bersekala besar untuk menunjang pertumbuhan ekonominya dan menunjukkan kepada dunia melalui simbol-simbol kejayaan negara berkembang yang menuju negara maju, dua diantaranya adalah rencana mega proyek jembatan selat sunda dan menara jakarta. Jembatan selat sunda adalah rencana mega proyek pemerintah Indonesia yang ingin menghubungkan antara pulau Jawa dan pulau Sumatra dan melintasi selat sunda, kalau ini dapat terealisasikan, jembatan ini akan menjadi jembatan terpanjang di dunia.

Jembatan rencananya akan berada pada 70 meter di atas permukaan laut, dan melewati tiga pulau-pulau kecil di selat itu, yaitu Pulau Prajurit, Ular, dan Sangiang. Ini merupakan jembatan dengan panjang 29 kilometer yang akan menjadi jembatan terpanjang di dunia. Rencananya, pembangunan jembatan ini akan menghabiskan dana Rp 100 triliun dan Rp 500 miliar per tahun untuk operasional jembatan itu namun dari perkembangannya dana membengkak menjadi 250 triliun, pembengkakan biaya estimasi pembangunan pro-yek besar tersebut, lebih disebabkan biaya tambahan akibat perubahan cara pembayaran anggaran jemba-tan. Jembatan ini akan dilengkapi dengan rel kereta yang membentang di sepanjang jembantan. Bila tak ada halangan jembatan ini akan dibangun pada tahun 2012 dan selesai tahun 2025.

Sedangkan untuk menara Jakarta adalah proyek pemerintah DKI Jakarta yang direncanakan dibangun setinggi 558 meter di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Bahkan pembuatan pondasinya telah selesai dan kini menginjak pembangunan pada tahapan berikutnya. Sebelumnya, pembangunan Menara Jakarta sempat terhenti akibat krisis ekonomi tahun 1998. Pembangunan Menara Jakarta yang menelan anggaran Rp 3 triliun ini ditargetkan rampung 2012 mendatang.

Menara Jakarta setinggi 558 meter ini nantinya akan mengalahkan Oriental Pearl Tower, Shanghai, setinggi 460 meter, KL Tower di Malaysia 421 meter, dan CN Tower di Kanada setinggi 533 meter. Dan tak kalah penting, Menara Jakarta akan dijadikan sebagai pusat jaringan telekomonikasi dan multimedia dengan data center dan disaster recovery center. Dengan adanya sarana pendukung ini, maka manfaat umum yang bisa diberikan antara lain bisa menjadi pendukung sistem telekomunikasi dan penyiaran (antena di puncak menara sebagai shared facility) serta menjadi pusat jaringan di bidang ICT (Information and Communication Technology) yang dapat digunakan sebagai data center dan data disaster recovery center. Sedangkan, manfaat lainnya yaitu bisa menjadi sarana pendukung fungsi monitoring bagi TNI atau Polri (surveillance camera di puncak menara), pusat kegiatan bisnis berkelas internasional (perkantoran, hotel, multi-purpose hall, life-style center), sebagai daya tarik pariwisata dan edutainment (observation deck, Indonesia Discovery, revolving resto.), serta membuka lapangan kerja selama masa pembangunan dan masa pengoperasian.

Dari Berbagai sumber.

About these ads