Model persamaan struktural adalah teknik analisis multivariat dependensi yang memungkinkan peneliti melakukan analisis hubungan antara variabel yang kompleks, menganalisis satu atau lebih variabel independent dengan satu atau lebih variabel dependent. Baik variabel dependent maupun independent yang dilibatkan boleh berbentuk variabel kontinu maupun diskrit, dalam bentuk latent atau teramat untuk memperoleh gambaran menyeluruh mengenai keseluruhan model penelitian.

Berbeda halnya seperti analisis multivariat biasa (Regresi berganda dan Analisis faktor), SEM merupakan suatu teknik statistik yang mampu menganalisis variabel latent, variabel indikator, dan kesalahan pengukuran secara langsung. Dengan SEM peneliti dapat menganalisis hubungan antara variabel latent dengan variabel indikatornya, hubungan antara variabel latent yang satu dengan variabel latent lainnya, juga mengetahui besarnya kesalahan pengukuran. Disamping hubungan kausal searah, SEM juga memungkinkan peneliti menganalisis hubungan dua arah yang seringkali muncul dalam ilmu sosial dan prilaku.

SEM adalah suatu alat statistik yang sangat berguna bagi para peneliti pada seluruh bidang ilmu sosial dan merupakan suatu keharusan bagi penelitian non eksperimental, dimana metode untuk pengujian teori belum dikembangkan secara menyeluruh. Sehingga banyak sekali program yang ditawarkan untuk menganalisis dengan SEM di antaranya EQS, AMOS, LISREL, SAS PROC CALIS, STATISTICA-SEPATH, ROMANO, LISCOMP, dan lain-lain.

Namun LISREL merupakan program yang paling populer digunakan karena satu-satunya program SEM yang tercanggih yang dapat mengestimasi berbagai masalah SEM yang nyaris tidak dapat dilakukan oleh program lainnya, selain itu LISREL program paling informatif dalam menyajikan hasil-hasil statistik.

Berikut situs yang memberikan informasi LISREL : http://www.ssicentral.com/

Dan untuk donwload LISREL 8.8 Student Edition Klik Disini