Wah sudah lama juga rasanya tidak memposting info terbaru di Blog ini. Sibuk mempersiapkan syarat-syarat kelulusan kuliah yang tampaknya tak ada ujung akhirnya, tapi is..Okelah yang terpenting sehat walafiat selalu, alias ‘ga stress alias lagi ‘ga gila. Info 10 yang kali ini saya bagikan adalah 10 Antivirus terbaik dunia 2010 versi TopTenReviews. Jika berbicara tentang antivirus terbaik tentu akan terjadi perdebatan, karena tentunnya setiap orang memiliki pandangan yang berbeda, bahkan ada yang berani mengklaim antivirus yang dipakainya adalah antivirus terbaik yang bukan saja dapat menscan virus, worm, Trojan, Adware, spyware, malware tetapi semua mahluk halus yang mengancam keamanan komputer. (Bang,,konsentrasiiii yang dibacarakan bukan pemburu hantu loch..).

TopTenReviews.Com memberikan hasil review tentang 10 antivirus terbaik 2010. Tidak jauh berbeda dengan 10 antivirus terbaik 2009, Antivirus terbaik tahun 2010 juga didasarkan pada beberapa point penting yang sudah menjadi aturan mereka dalam melakukan review 10 antivirus terbaik, yang berarti bukan berdasarkan rasa sentimentil.

Langsung saja kita lihat yuu 10 antivirus terbaik 2010 (anda dapat mengunjungi situs Antivirus tersebut dengan mengklik gambar box Antivirus) :

1. BitDefender Antivirus

BitDefender Antivirus 2010 adalah salah satu solusi perangkat lunak keamanan terbaik yang tersedia, antivirus ini mendapat rating excellent, wajar saja jika Toptenreviews.com menobatkannya menjadi jawara. Terdapat fitur canggih dan perlindungan yang sangat baik dalam sebuah program yang mudah digunakan. Perangkat lunak yang efektif, sederhana, dan harga mengesankan.

Jujur saya sebenarnya baru mendengar nama antivirus ini, mungkin karna terbiasa memakai antivirus gratisan, heee..Juga ada BitDefender Internet Security untuk proteksi tambahan dengan antispam dan firewall atau BitDefender Total Security, all-in-one premium suite yang meliputi security, parental controls, tune-up utilities, and online backup.

Mau Download? Yuu ane kasih nich linknya

Free version :

2. Kaspersky Anti-Virus

Nah klo antivirus ini cukup terkenal, bintang iklannya deperankan oleh Jacky Chan, salah satu aktor idola ane…Seperti antivirus lainnya termasuk paket BitDefender, Kaspersky Anti-Virus adalah solusi antivirus yang lengkap dengan real-time perlindungan dari berbagai ancaman, termasuk virus, Trojans, bots, cacing, dan bahkan spyware. Software lebih dari diperlengkapi untuk keamanan yang menyeluruh, dan memiliki beberapa fitur baru yang menarik tahun ini untuk membantu memerangi ancaman baru.

Fitur yang Mencolok dari Kaspersky Anti-Virus:

  • Antivirus for IM
  • Gamer Mode
  • iSwift technology adjusts scanning to compensate for system load
  • URL Advisor for proactive browser security

Download link

–         http://www.kaspersky.com/downloads

–         http://www.filehippo.com/download_kaspersky_antivir/

–         http://www.kaspersky.com/kav6

–         http://www.kaspersky.com/trials

3. Webroot AntiVirus with SpySweeper.

Sama halnya dengan BitDefender, antivirus satu ini juga baru saya dengar, ah jadi malu nich…gapfo(gagap info). Perangkat lunak ini berdasarkan info yang saya ketahui mudah digunakan, dan fitur perlindungan yang efektif dan kinerja yang baik. Spy Sweeper AntiVirus dengan menggabungkan semua komponen yang tepat untuk mendapatkan salah satu perangkat lunak antivirus terbaik yang tersedia.

Fitur yang mencolok dari Webroot Spy Sweeper AntiVirus:

  • Gamer mode for full-screen without interruptions
  • Free (and automatic) remote file storage
  • Proactive heuristic detection for “zero-hour” threats

Sebenarnya ane juga ‘ga ngerti fitur-fitur tersebut, tapi ya pkoke gtu dech…

Download link

–         http://www.filehippo.com/download_nod32/

–         http://www.eset.com/ (commercial trial)

4. Norton AntiVirus

Norton AntiVirus 2010 adalah solusi keamanan yang sangat mengesankan, menawarkan fitur lengkap yang kuat dan pendekatan baru untuk keamanan online. Sebagai salah satu perangkat lunak antivirus terbaik yang tersedia, Norton AntiVirus terus meningkatkan perangkat lunak mereka, dan pada gilirannya-meningkatkan keamanan Anda.

Fitur yang mencolok dari Norton Antivirus :

  • Reputation based antivirus
  • System Insight lets you “flip the UI” over
  • SONAR 2
  • Download Insight

Download link

5. ESET Nod32 Antivirus

ESET NOD32 Antivirus merupakan solusi keamanan desktop, lengkap dengan perlindungan yang efektif. Anti virus satu ini pernah saya coba dan hasilnya cukup memuaskan. Tapi karena alasan updatenya, saya berpaling ke lain hati. Jangan memilih.. ESET jika kau tak sanggup setia..ooo..Abang sedikit bersenandung nich..

Fitur yang mencolok dari ESET Nod32 Antivirus :

  • Small and unobtrusive updates
  • ThreatSense user network and proactive heuristic detection
  • SysInspector diagnostic tool
  • Silent “Gamer” mode

Download link

–          http://www.filehippo.com/download_nod32/

–          http://www.eset.com/ (commercial trial)

6. AVG Anti-Virus

Pasti familiar dengan antivirus ini bukan? antivirus yang  banyak digunakan oleh para netter. Tapi sayang sudah tidak saya gunakan lagi karena alasan yang sangat rahasia, takut dituntut nantinya, Hehehe. AVG Anti-Virus 2010 menawarkan sejumlah fitur menarik dan teknologi yang tepat untuk menjaga PC. Sebagai salah satu perangkat lunak antivirus terbaik, AVG menawarkan solusi yang memberikan perlindungan dan kemudahan penggunaanya.

AVG versi gratis adalah salah satu antivirus yang dapat didownload untuk keamanan komputer, tapi untuk versi lengkap anda harus membayarnya. Fitur yang mencolok dari AVG Antivirus : Integrated browser Surf-Shield and LinkScanner, Identity theft recovery unit.

Link Download free

7. F-Secure Anti-Virus

F-Secure Anti-Virus 2010 adalah solusi keamanan terbaik lainnya, dan tentu saja layak untuk dimasukkan sebagai salah satu perangkat lunak antivirus terbaik. F-Secure Anti-Virus yang efisien, cepat, dan efektif. Dengan teknologi perlindungan canggih dan tambahan fitur keamanan terintegrasi. Fitur F-Secure Antivirus: DeepGuard 2.0 “cloud” antivirus, Real-time protection, Windows 7 compatible.

8. G DATA AntiVirus

Anti virus satu ini memang jarang didengar dan terus terang saya kurang mendapatkan info tentangnya, jadi maaf saja klo saya tidak menjelaskan banyak tentang keunggulan dan kelemahannya tapi, G DATA Antivirus merupakan pendatang baru dijajaran daftar 10 besar antivirus terbaik. Fitur G DATA yaitu Antivirus:Heuristic scanning, Safe internet experience, 2 scanning engines.

9. Avira AntiVir

Wah..Antivirus yang satu ini paling familiar dong, apalagi versi gratisannya soalnya ane juga pake ini..he..he..walaupun sedikit mengagetkan ketika scan dan mendapatkan virus dan program tidak dikenal yang menyerang komputer tapi secara keseluruhan cukup layak masuk dalam 10 besar antivirus terbaik. Avira menawarkan kemudahan bagi pengunanya. Adapun beberapa fitur yang ditawarkan Avira yaitu AHeAD (Advanced Heuristic Analysis and Detection), Protection from drive-by downloads,Impressive (and consistent) detection rate.

Download link

10. Trend Micro

Trend Micro AntiVirus + AntiSpyware (sebelumnya PC-cillin) adalah salah satu perangkat lunak antivirus terbaik, antivirus satu ini adalah antivirus pertama yang saya kenal karena ketika pertama kali membeli pc, CD Motherboard disertkan didalamnya PC-cillin, menggabungkan dosis yang tepat dan fitur keamanan dengan kegunaan sederhana. Perangkat lunak ini dilengkapi dengan teknologi proaktif dan real-time protection, baik untuk melindungi komputer Anda dari berbagai ancaman. Beberapa Fitur dari Trend Micro yaitu IM protection, Inbound and outbound email scanning, Windows 7 compatible

Dibawah ini adalah point-point dari kriteria anti-virus yang dipakai oleh “TopTenREVIEWS” utk menilainya:

  1. Mudah dalam penggunaannya, sebuah software antivirus hendaknya mudah dalam penggunaannya, sehingga orang awam dapat dengan mudah menggunakannya.
  2. Efektif dalam mengidentifikasi virus, software Antivirus yang terbaik adalah yang mampu mengindentifikasi file-file/dokumen yang terinfeksi dengan cepat dari awal sampai habis dalam proses scanning.
  3. Efektif dalam karantina dan pembersihan file yang terinfeksi, Software antivirus yang baik juga harus mampu membersihkan, menghapus atau mengkarantina file-file yang terinfeksi serta menjaganya dari virus-virus nakal.
  4. Laporan aktivitas, software antivirus sebaiknya mampu memberikan pengetahuan tentang aktivitas scanning secara real-time. Yang pastinya tentang virus itu sendiri.
  5. Fitur-fitur yang baik dalam sebuah antivirus digunakan untuk melakukan settingan agar melakukan proteksi terhadap virus secara penuh.
  6. Kemudahan dalam installasi, ini adalah hal yang sangat penting karena software antivirus sebaiknya sangat cepat dalam melakukan instalasi, membuat mudah untuk cepat keluar dari instalasi beralih ke “initial scan” dengan hanya melakukan double-click pada mouse saja.
  7. Layanan Bantuan, terakhir Software antivirus yang High-end datang dengan banyaknya “help”, dilengkapi support via email, online chat atau “over the telephone”.

Antivirus manakah yang terbaik? pilihlah dengan bijaksana. Saya hanya mengatakan semua antivirus tersebut bekerja dan memberikan benteng pertahanan yang baik., karena pada dasarnya semua anivirus adalah baik jika kamu rutin melakukan update dan mengenali terlebih dahulu virus yang menyerang. Jadi anda dapat memilih antivirus yang yang cocok untuk anda.