Saya sangat tertarik untuk menampilkan salah satu posting yang dikeluarkan zuzutop[dot]com pada tanggal 2 februari 2010 dengan judul “10 Ugly Rivers of the World” karena sekali lagi nama Indonesia masuk dalam daftar 10, bukan hal yang aneh jika Indonesia selalu disebut dalam peringkat-peringkat dalam riset dan pengamatan para peneliti dan pengamat di seluruh dunia. Bukan saja dalam prestasi yang baik tapi juga dalam hal yang buruk. Berikut ini posting 10 sungai terburuk di seluruh dunia versi zuzutop.com yang ditranslate ke bahasa Indonesia versi saya.

“Tuhan menciptakan semua hal yang besar maupun kecil dan bumi indah yang telah memberikan manusia dengan hadiah yang cantik dan ciptaan yang luarbiasa. Salju menutupi puncak-puncak gunung bercahaya ketika sinar matahari menyentuh Kristal-kristal kecil, tetesan air jatuh membentuk sungai pada tanah yang tebal bahkan batu paling keras sekalipun, hamparan padang rumput dan pepohonan tinggi mendesir laksana berbisik dengan tenang. Tuhan menciptakan keseimbangan harmoni yang sempurna diantara tanam-tanaman, hewan, manusia dan di sekeliling mereka. tetapi manusia mengubah bentuk dunia sesuia keinginan dan pilihannya, tidak memperdulikan semua hukum alam dan dunia diambang kehancuran.
Inilah beberapa sungai yang mungkin sekali menjadi salahsatu tempat tinggal hidup akuatis paling indah tetapi sekarang menjadi tempat pembuangan sampah kita. Marilah kita melihat sungai paling buruk diseluruh dunia.

  1. Sungai Citarum, Indonesia

Terkejut? itu adalah sungai Citarum di jawa barat, Indonesia. Sungai ini mungkin menyerupai kubangan sampah seperti yang anda lihat, tetapi sebenarnya sumber utama air untuk pertanian dan persediaan air untuk masyarakat sekitar. Sungai sangat tercemar dengan kegiatan manusia dan tidak ada mahluk air yang dapat bernapas di bawah sampah seperti itu. Pada bulan desember 2008 Bank Pembangunan Asia menyetujui 500 juta dolar pinjaman untuk membersihkan sungai tersebut tetapi seperti yang kita lihat ini akan membutuhkan beberapa tahun untuk dapat mengembalikan sungai mati tersebut kembali hidup.

2.  Yamuna River, India

Sungai Yamuna adalah anak sungai gangga terbesar dan salah satu dari sungai yang paling tercemar di dunia dimana 58% sampah dari ibukota India New Delhi dibuang ke sungai ini. Sangat mencengangkan dicatat bahwa total Rs 1,700 crore telah dihabiskan untuk pembersihan Yamuna juga Gangga tetapi dengan semua usaha yang dilakukan tampaknya sia-sia, pemerintahpun akhirnya menyerah.

3.  Buriganga river, Bangladesh

Sungai Buriganga adalah sungai utama yang mengalir di samping kota Dhaka, ibukota Banglades. Secara biologis sungai mati dalam keadaan yang sangat buruk pada tingkatan 80% tidak dapat digunakan secara langsung air yang mengalir ke sungai dan insulasi simpanan air bawah tanah.

4.  Yellow river from Lanzhou, China

Sungai kuning adalah sungai terpanjang kedua di Cina dan persediaan air utama untuk berjuta-juta orang di Cina utara. Tetapi sungai utama Lanzhou yang menjadi sumber utama air minum untuk dua juta masyarakat sekitar, sudah tercemar berat dengan minyak yang tercecer berlangsung setiap hari dan terkontaminasi oleh kegiatan industri.

5.  Marilao river, Philippines

Kantong plastik, sandal karet, celana pendek dan bangkai anjing, itu adalah beberapa barang-barang yang mungkin anda temukan di sungai Marilao. Airnya tercemar oleh bahan kimia beracun seperti krom, cadmium, tembaga dan arsenic yang membuat airnya sangat berbahaya. Meskipun kampanye dilakukan pemerintah daerah, masyarakat masih membuang sampah mereka di sungai, dan pabrik mengeluarkan limbahnya ke sungai dan menghasilkan air yang sangat tercemar.

Pages: 1 2